Thursday, February 19, 2009

STANDAR ISI KTSP BAHASA ARAB UNTUK MA


A. Lalar Belakang

Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu bahasa asing selain bahasa Inggris menjadi penting. Dengan demikian semakin jelas bahwa penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa Arab, merupakan hal yang sangat mendesak. Banyak informasi ilmu pengetahuan baik di bidang teknik, ilmu-ilmu mumi, ekonomi, psikologi maupun seni bersumber dari buku-buku berbahasa Arab. Selain itu bahasa Arab merupakan sarana komunikasi dalam pengembangan dunia pariwisata dan bisnis.
Bahasa bukan hanya sebagai suatu bidang kajian, melainkan sebagai faktor sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Penguasaan bahasa Arab menjadi persyaratan penting bagi keberhasilan individu dalam menjawab tantangan zaman di era globalisasi. Pembelajaran bahasa Arab secara formal di madrasah merupakan sarana utama bagi peserta didik untuk menguasai bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik dapat merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi.
Melalui pembelajaran bahasa Arab dapat dikembangan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran dan perasaan. Dengan demikian mata pelajaran bahasa Arab diperlukan untuk pengembangan diri peserta didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional.
Mata pelajaran bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhasap bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu Al Qur'an dan Al Hadis, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.
Untuk itu bahasa Arab di madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, yaitu menyimak, bebicara, membaca dan menulis. Meskipun begitu, pada tingkat pendidikan dasar (elementary) dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate), keempat kecakapan berbahasa diajarkan secara seimbang. Sedangkan pada tingkat pendidikan lanjut (advanced) dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga peserta didik diharapkan mampu mengakses berbagai referensi berbahasa Arab.

B. Tujuan
Mata pelajaran bahasa Arab memiliki tnjiian sebagai berikut:

1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima'), berbicara (kalam), membaca (qira'ah), dan menulis (kitabah).
2. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
3. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.


C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja, kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan Islam, wawasan umum dan tokoh-tokoh Islam untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis.

D. Standar Kompetensi Lulus (SKL)
1. Menyimak
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja , kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, kebudayaan Islam, wawasan umum dan tokoh- tokoh Islam
2. Berbicara
Mengungkapkan secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja, kesehatan, fasilitas umum, pariwisata. Kisah-kisah Islam, kebudayaan Islam, wawasan umum dan tokoh-tokoh Islam
3. Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja, kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, hari-hari besar Islam, wawasan umum dan tokoh- okoh Islam
4. Menulis
Mengungkapkan secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja, kesehatan, tasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, hari-hari besar Islam, wawasan umum dan tokoh-tokoh Islam


E. Standar Kompetensi (SK) Dan Kompetensi Dasar (KD)

Kelas X, Semester 1

Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi dasar
1.1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat

Berbicara
2. Mengungkapkan infonnasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan kehiarga


Kompetensi dasar
2.1. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat
2.2. Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar


Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi dasar
3.l. Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar
3.2. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat
3.3.Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat



Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertufis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi dasar
4.1. Menulis kata, frasa.dan kalimat dengan benar, ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

Keterangan
Tema 1 menggunakan struktur kalimat: المبتدا و الخبر
Tema 2 menggunakan struktur kalimat: النكرة و المعرفة



Kelas X. Semester 2

Menyimak
5. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

Berbicara
5. Mengungkapkan imformasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

Kompetensi dasar
5.1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
5.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dan berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
5.3. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat
5.4. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang lepat
5.5. Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar


Membaca
7. Memahami wacana tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

Kompetensi dasar
7.1. Melafalkan atau membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar
7.2. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar
7.3. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat

Menulis
8. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

Kompetensi dasar
8.1. Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
8.2. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar


Keterangan :
Tema 1 menggunakan struktur kalimat : بعض حروف الجر و معانيها الكثيرة الورود
Tema 2 menggunakan struktur kalimat : العطف


Kelas XI, Semester 1

Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
Kompetensi dasar
1.1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dan berbagai bentuk wacana lisan secara tepat

Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan

Kompetensi dasar
2.1. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan tentang remaja dengan lafal yang tepat
2.2. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat
2.3. Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar

Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan

Kompetensi dasar
3.1. Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar
3.2. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat
3.3. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat

Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan

Kompetensi dasar
4.1. Menulis kata, frasa,dan kalimat dengai huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

Kelas XI, Semester 2

Menyimak
5. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata

Kompetensi dasar
5.1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
5.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dan berbagai bentuk wacana lisan secara tepat

Berbicara
6. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata

Kompetensi dasar
6.1. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan fatal yang tepat
6.2. Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar

Membaca
7. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata

Kompetensi dasar
7.1. Melafalkan dan membaca nyarmg kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar
7.2. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar
7.3. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana secara tepat

Menulis
8. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata

Kompetensi dasar
8.1. Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
8.2. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertuus dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

Keterangan
Tema-tema tersebut di atas menggunakan struktur kalimat جملة فعلية


Kelas XII, Semester 1

Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

Kompetensi dasar
1.1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dan berbagai bentuk wacana lisan secara tepat

Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

Kompetensi dasar
2.1. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat
2.2. Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar




Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

Kompetensi dasar
3.1. Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar
3.2. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar
3.3. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat

Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

Kompetensi dasar
4.1. Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
4.2. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

Kelas XII Semester 2

Menyimak
5. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang wawasan umum dan kisah-kisah Islami

Kompetensi dasar
5.1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
5.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dan berbagai bentuk wacana lisan tentang wawasan Islam secara tepat

Berbicara
6. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang wawasan umum dan kisah-kisah Islami

Kompetensi dasar
6.1. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat
6.2. Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar
Membaca
7. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang wawasan umum dan kisah-kisah Islami

Kompetensi dasar
7.1. Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan tepat dan benar
7.2. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar
7.3. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis dengan tepat

Menulis
8. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang wawasan umum dan kisah-kisah Islami

Kompetensi dasar
8.1. Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
8.2. Mengungkapkan gagasan atan pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar


Keterangan
Tema 1 menggunakan struktur kalimat: الفعل المضارع الامنصوب
Tema 2 menggunakan struktur kalimat: الفعل المضارع المجزوم

F. Arab Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan mdikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.






BIDANG STUDI: BAHASA ARAB
(MADRASAH ALIYAH UMUM PROGRAM BAHASA)

A. Latar Belakang
Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu bahasa asing selain bahasa Inggris menjadi penting. Dengan demikian semakin jelas bahwa penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa Arab, merupakan hal yang sangat mendesak. Banyak informasi ilmu pengetahuan baik di bidang teknik, ilmu-umu murni, ekonomi, psikologi maupun seni bersumber dari buku-buku berbahasa Arab. Selain itu bahasa Arab merupakan sarana komunikasi dalam pengembangan dunia pariwisata dan bisnis.
Bahasa bukan hanya sebagai suatu bidang kajian, melainkan sebagai faktor sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Penguasaan bahasa Arab menjadi persyaratan penting bagi keberhasilan individu dalam menjawab tantangan zaman di era globalisasi. Pembelajaran bahasa Arab secara formal di madrasah merupakan sarana utama bagi peserta didik untuk menguasai bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik dapat merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi.
Melalui pembelajaran bahasa Arab dapat dikembangan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran dan perasaan. Dengan demikian mata pelajaran bahasa Arab diperlukan untuk pengembangan diri peserta didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional.
Mata pelajaran bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhasap bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu Al Qur'an dan Al-Hadis, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.
Untuk itu bahasa Arab di madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, yaitu menyimak, bebicara, membaca dan menulis. Meskipun begitu, pada tingkat pendidikan dasar (elementary) dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate), keempat kecakapan berbahasa diajarkan secara seimbang. Sedangkan pada tingkat pendidikan lanjut (advanced) dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga peserta didik diharapkan mampu mengakses berbagai referensi berbahasa Arab.

B. Tujuan
Mata pelajaran bahasa Arab memiliki tujuan sebagai. berikut:
Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima'), berbicara (kalam), membaca (qira'ah), dan menulis (kitabah).
Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari- hari, hobi, wisata, layanan umum dan pekerjaan.


D. Standar Kompetensi Lulus (SKL)
1. Menyimak
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum dan pekerjaan
2. Berbicara
Mengungkapkan secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang identitas din, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum dan pekerjaan
3. Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis paparan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum dan pekerjaan
4. Menulis
Mengungkapkan secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentan^ diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, t wisata, layanan umum dan pekerjaan


Ditulis ulang dari : Buku Standar Isi KTSP Depag RI, 2007

1 comment:

Unknown said...

alhamdulillah kita sambut gembira atas kehadiran Jaguar 2006. kami yg belajar dan mengajar bahasa arab jadi 'terbuka mata', sebab kami tidak/belum berkesempatan untuk lanjut studi sebagaimana temen2 di Jaguar 2006. Bravo Jaguar 2006.
selanjutnya, kami sangat menunggu makalah2nya dlm bahasa arab.
haturnuwun sadayana.

a'am